Home blog Puluhan santri santriawati Ponpes Roudatul Aulad diuji kemampuan untuk berda’wah.

Puluhan santri santriawati Ponpes Roudatul Aulad diuji kemampuan untuk berda’wah.

15
0
SHARE

Puluhan santri santriawati Ponpes Roudatul Aulad diuji kemampuan untuk berda’wah. Kegiatan tersebut dalam acara memperingati Isra’ Mi’raj, di Ponpes Raudatul Aulad, Desa Pusakasari Kec. Leles, Kab. Cianjur. Pimpinan Ponpes Raudatul Aulad, Drs. H Baden Rachmat melalui pembimping para santri, Ustad Saepuloh SH mengatakan, kegiatan rutin kali ini diikuti 23 orang santri laki-laki, 46 orang santri perempuan. Mereka yang tampil, disebutkan Epul, ada yang sekolah di Madrasah Aliyah, MTS dan SMK Az-Zarkasyih. “Karena pesertanya cukup banyak, maka kegiatan dimulai pukul 8 pagi-sampai malam,” ujarnya, Sabtu (14/4/2018).

Ustad Saepuloh menambahkan, sebelumnya, mereka digembleng dan dipersiapkan lewat belajar berda’wah membutuhkan waktu selama kurang lebih satu bulan setengah. Masih menurut ustad Epul, lomba dawah ini memang di luar kegiatan rutin belajar ngaji sehari-hari di pondok…

Namun untuk kali ini, kata Saepul, peserta terdiri dari usia paud, SD, MTS hingga Aliyah. Selanjutnya, masing-masing dari mereka diuji shalawat, berjanji, imriti, yakulu, kitab-kitab, hadis, Al-Qur’an, hingga mendawahkannya. Tujuannya untuk membentuk akhlakul karimah para santri. “Ya, anak-anak agar pada wanter di depan umum. Dimana mereka sudah terjun ke masyarakat sudah terbiasa dengan kegiatan keagamaan,” beber ustad Epul dengan nada rendah.

Dalam pelaksanaan, sekaligus untuk mendewasakan anak-anak kobong, maka acara dipercayakan kepada Yusup Irfan. Untuk perempuannya dipercayakan kepada neng Dedeh dan neng Ristiani. “Semua santri belajar bertahap mulai dasar-dasar ilmu Agama Islam, kemudian kitab salafi, tauhid, fikih, sorof, nahu, dan sebagainya,” pungkas pria asal Baros Cianjur ini, seraya mengajak masyarakat untuk tolabul ilmi atau tabligh akbar di Masjid Raudatul Aulad ini.

Kegiatan ini dapat terlaksana berkat partisipasi dan dukungan warga sekitar, serta semua pihak. (Tas).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here