Home Pendidikan Kendala Ujian Nasional Berbasis Komputer di Sejumlah Daerah

Kendala Ujian Nasional Berbasis Komputer di Sejumlah Daerah

11
0
SHARE

Liputan6SCTV, Jakarta Senin (03/04), seluruh siswa SMK secara serempak melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pelaksanaan UN disejumah daerah masih mengalami kendala.

Di Padang, Sumatera Barat, sebanyak 19 siswa SMK 1 Taruna Padang harus bergabung dengan 247 siswa SMK Negeri 3 Padang akibat terbatasnya fasilitas komputer. Untuk meminimlisir kendala yang ada, pihak sekolah berkoordinasi dengan PLN agar tidak terjadi pemadaman listrik selama ujian berlangsung.

Sementara di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, sejumlah sekolah menyediakan genset untuk menghindari terjadinya pemadaman listrik selama pelaksanaan UNBK. Sejumlah siswa pun diizinkan menggunakan laptop pribadi, karena komputer yang disediakan sekolah mengalami gangguan sesaat sebelum ujian dimulai.

Kendala pelaksanaan UNBK juga terjadi di SMK 3 Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Rusaknya jaringan Telkom yang seharusnya digunakan untuk mengakses server diganti dengan jaringan android untuk mengakses soal.

Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama UN adalah Bahasa Indonesia, sedangkan untuk hari kedua, ketiga dan keempat adalah matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran kejuruan.

Pengawasan pelaksanaan UN dilakukan oleh guru dari sekolah lain agar pengawasan UN lebih maksimal. (GG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here