Home Opini Prabowo, Indonesia Bubar 2030 dan Impian Jokowi 2085

Prabowo, Indonesia Bubar 2030 dan Impian Jokowi 2085

15
0
SHARE

AZ-NEWS, Jakarta – Dua nama yang santer disebut sebagai calon presiden terkuat 2019, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto memiliki mimpi yang berbeda tentang Indonesia. Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra mengutip novel fiksi berjudul, “Ghost Fleet”.

Menurut novel itu, kata Prabowo, Indonesia diprediksi bubar pada 2030. “Ghost Fleet ini novel, tapi ditulis dua ahli strategi dari Amerika, menggambarkan sebuah skenario perang antara China dan Amerika tahun 2030. Yang menarik dari sini bagi kita hanya satu. Mereka ramalkan tahun 2030, Republik Indonesia sudah tidak ada lagi,” papar Prabowo dalam video yang diunggah akun Gerindra TV di YouTube.

Dua penulis novel “Ghost Fleet” yakni Peter Warren Singer dan August Cole adalah ahli strategi dari Amerika. “Begini ya, jadi di luar negeri ada namanya scenario writing. Memang bentuknya mungkin novel, tapi yang nulis adalah ahli-ahli intelijen strategis,” kata dia kepada wartawan, Kamis (22/3/2018).

Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu merasa perlu mengingatkan rakyat soal potensi Indonesia bubar 2030. Dia pun mempersilakan jika masyarakat tak percaya dengan hal tersebut.

“Ini fenomena. Ya kalau enggak mau percaya sama saya, enggak mau dengar ya enggak apa-apa. Kewajiban saya sebagai anak bangsa, saya harus bicara kalau melihat suatu bahaya,” kata Prabowo.

Berbeda dengan Prabowo, Jokowi justru memiliki impian tentang Indonesia tahun 2085. Impian Jokowi yang diusung menjadi calon presiden oleh PDIP, Hanura, NasDem, PPP, Golkar, PSI, Perindo, PKPI itu ditulis degan tulisan tangan pada 30 Desember 2015 saat berada di Merauke, Papua.

Tulisan tangan Jokowi itu kemudian dimasukan ke dalam kapsul waktu yang berisi resolusi dan mimpi-mimpi dari rakyat untuk Indonesia mendatang. Kapsul waktu itu baru akan dibuka 2085.

Ada tujuh poin resolusi dalam tulisan tangan yang juga dibubuhi tanda tangan oleh Jokowi itu, yakni:

1. Sumber daya manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia
2. Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung nilai-nilai etika
3. Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia
4. Masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi
5. Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia
6. Indonesia menjadi negara yang mandiri dan paling berpengaruh di asia pasifik
7. Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia

Jokowi sempat tertawa kecil ketika diminta pendapat soal pernyataan Prabowo tentang Indonesia bubar 2030. Setelah sempat terdiam beberapa saat dia menjawab, “Kita memandang ke depan itu dengan rasa optimisme.”
(erd/jat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here