Home Hiburan 7 Tempat Wisata Cianjur Tereksotis Versi Mind_Me

7 Tempat Wisata Cianjur Tereksotis Versi Mind_Me

29
0
SHARE

AZ-NEWS,

Sebagian besar wilayah Cianjur merupakan daerah pegunungan, dengan sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Sungai terpanjang di Cianjur adalah Sungai Cibuni, yang bermuara di Samudra Hindia. Perjalanan ke Cianjur bisa ditempuh dari Jakarta  melewati jalur Puncak, jalur Sukabumi, atau jalan alternatif melalui Jonggol. Berikut merupakan 7 tempat wisata di kawasan Cianjur tereksotis versi Mind_Me

  1.  Kebun Raya Cibodas
  •  

Wisata Cianjur yang terletak di Jln. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur ini memiliki luas lahan 125 Ha. Kebun Raya Cibodas adalah tempat yang sempurna bagi pengunjung yang benar-benar ingin menyatu dengan alam, karena disini, pengunjung dapat melihat 10.792 koleksi tanaman, 700 jenis koleksi biji, dan 4.852 koleksi herbarium. Koleksi tanaman di sini terbagi dalam dua koleksi, yakni koleksi di kebun dan koleksi di rumah kaca. Koleksi tanaman di rumah kaca terdiri atas anggrek (320 jenis), kaktus (289 jenis), dan sukulen (169 jenis). Namun Anda juga dapat menemukan jenis tumbuhan liar di dalam kebun. Sedangkan koleksi tanaman di kebun berjumlah 1.014 jenis di antaranya terdapat tanaman khas dan menarik seperti Kina (Cinchona pubescens) yang merupakan tanaman obat, pohon Bunya-bunya (Araucaria bidwill) yang merupakan tanaman tua dan mempunyai pokok batang besar, Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium) yang mempunyai bunga berukuran raksasa dan menarik serangga.

Tidak kalah menarik, di sekitar kawasan terdapat air terjun, yakni air terjun Ciismun. Ciismun berasal dari kata Ci (bahasa Sunda berarti air), dan Ismun (bahasa Arab berarti nama). Bagi pengunjung yang suka dengan kegiatan camping juga di sediakan area Mandala Kitri. Letaknya tepat di bawah kaki kebun raya. Disarankan bagi para pengunjung Kebun Raya agar selalu sedia jas hujan atau payung cantik milik anda karena di daerah ini selain sejuk menuju dingin juga sering sekali turun hujan. Anda bisa memasuki area Kebun Raya Cibodas ini hanya dengan tiket masuk Rp6000,00 saja.

2. Situs Gunung Padang Cianjur
Situs megalitikum terbesar se-Asia Tenggara ini terletak di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka. Tidak seperti banyak situs megalitikum lainnya (seperti Piramida, Stonehenge, Machu Picchu) yang dibangun untuk menyembah atau mengindahkan (dewa) Matahari, situs Gunung Padang dibangun untuk diorientasikan seluruhnya kepada Gunung Gede. Ini nampak dari pola bangunan punden berundaknya yang asimetris, tidak dibangun simetris ke semua sisi seperti Candi Borrobudur, tetapi hanya ke satu sisi, yaitu Gunung Gede. Dengan demikian, Gunung Gede menempati posisi geomantik yang sangat kuat bagi situs Gunung Padang.

Yang unik dari situs megalitik Gunung Padang adalah ditemukannya bilah-bilah batuan yang diperuntukkan sebagai alat musik. Ini adalah penemuan pertama di Indonesia. Dahlan dan Situngkir (2008) dari Bandung Fe Institute berbekal alat perekam dan analisis Fourier transform pernah meneliti musikologi situs ini dan menyimpulkan bahwa terdapat tiga bilah batu yang bisa mengeluarjan nada musik dengan dentingan (pitch) berfrekuensi dari 2600-5200 kHz selaras dengan nada-nada f”’, g”’, d”’, a”’.

Bagi anda yang percaya, di sekitar situs purbakala ini terdapat sumur cinta yang menurut kepercayaan akan membuat kisah asmara anda dengan pasangan menjadi romatis dan penuh cinta.

3. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti adalah pantai yang berlokasi di Cidaun Selatan. Tapatnya d Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan. Dari pusat kota Cianjur ke pantai Jayanti dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam. Pantai Jayanti memiliki pantai yang sangat indah dan menawan. Temptanya pun masih sangat bersih dan virginitasnya masih terjaga.

Pantai Jayanti adalah pantai yang berlokasi di Cidaun Selatan. Tapatnya d Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan. Dari pusat kota Cianjur ke pantai Jayanti dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam. Pantai Jayanti memiliki pantai yang sangat indah dan menawan. Temptanya pun masih sangat bersih dan virginitasnya masih terjaga.

5. Waduk Jangari

Waduk Jangari terletak di kecamatan Mande, Cianjur. Jangari merupakan keramba terapung tempat pemeliharaan ikan air tawar. Lokasinya di Waduk Jangari, Cianjur, Jawa Barat. Waduk ini memang merupakan tempat pembesaran ikan air tawar. Salah satu primadona ikan air tawar yang dipelihara disini adalah ikan mas. Ikan yang dipelihara di waduk ini memiliki kelebihan tersendiri, selain ikannya cepat besar, dagingnya juga tidak berbau lumpur. Oleh karena itu, area ini cocok bagi anda yang gemar dengan kegiatan memancing. Anda juga bisa menikmati segarnya kelapa muda dan ikar bakar sembari menikmati indahnya waduk Jangari ini

6. Tracking Gunung Gede

Gudung Gede maupun kawasan Taman Nasional Gede Pangrango juga merupakan objek wisata alam yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, adalah salah satu Gunung yang sangat cocok untuk para pendaki pemula. Jalur tracking yang sudah tersedia dari jalur Cibodas memudahkan para pendaki menelusuri jalur ke arah puncak. Namun, tingkat kesulitan jalurnya sangat menantang.          

 Beberapa lokasi/objek yang menarik untuk dikunjungi:
 

Telaga Biru:: Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.


Air terjun Cibeureum:: Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak  sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut  merah yang endemik di Jawa Barat.

Air Panas:: Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.


Kandang Batu dan Kandang Badak:: Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan  tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.

Puncak dan Kawah Gunung Gede:: Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur, Sukabumi, dan Bogor terlihat dengan jelas,  atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu  dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam  perjalanan dari Cibodas.

Alun-alun Suryakencana:: Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga  
edelweiss. Berada pada ketinggian 2.7
7. Kota Bunga
Wisata ini diperuntukan bagi anda yang sudah lelah dengan hiruk pikuk kota. Disini, terdapat banyak sekali villa yang disewakan agar anda dan keluarga dapat menikmati sejuknya kota Cianjur dan pemandangan yang luar biasa indah dari atas pegunungan.

da hal menarik lainnya, disana ada suatu tempat yang disebut dengan ‘Little Venice’ atau dengan kata lain cerminan kota Venisia, kita bisa menikmati kota tersebut dan berkeliling dengan menggunakan cano dan kapal mini boat. Bahkan ada merlionnya singapure. Untuk dapat menikmati cano dan kapal mini boat, kita cukup mengeluarkan uang 35ribu/ per orang. Selain little Venice ada juga objek lain seperti permainan anak-anak dan penyewaan kuda tunggang yang posisinya diluar area little Venice.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here