Saturday, May 26, 2018
Home Ekonomi Strategi Pemerintah Tekan Lonjakan Harga Pangan saat Ramadan

Strategi Pemerintah Tekan Lonjakan Harga Pangan saat Ramadan

16
0
SHARE
Menjelang bulan suci Ramadan, pemerintah punya strategi untuk menekan lonjakan harga pangan di pasaran. Pemerintah ingin harga pangan jelang Ramadan stabil.
Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat berbincang dengan wartawan Istana Kepresidenan di Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (16/3)
Amran menegaskan, pihaknya bersama dengan beberapa menteri di bawah koordinasi Menko Perekonomian Darmin Nasution telah melakukan rapat terkait masalah ini.
“Jadi kami sudah rakor dipimpin oleh Pak Menko atas perintah
Bapak Presiden. Kita harus menstabilkan harga minimal sama dengan tahun lalu. Tahun lalu kan stabil dan bahkan ada yang mengatakan paling stabil dalam 10 tahun,” kata Amran.
Amran mengaku sudah mulai berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan stok pangan seperti beras, bawang, cabai, daging, telur, hingga daging ayam.
“Kami sudah bersama Pak Mendag, Ibu Menteri BUMN atas arahan Pak Menko, atas arahan Bapak Presiden dan Pak Wapres kita harus stabilkan harga dan kita melakukan persiapan lebih awal,” kata dia.
Bahkan Amran menjelaskan, untuk ayam dan telur pasokannya surplus sehingga dalam dua pekan ke depan pihaknya akan mengekspor ke Jepang. Komoditas lain seperti bawang juga sudah diekspor ke enam negara serta jagung juga diekspor ke lima negara.
“Yang dulunya kita impor (bawang dan jagung), yang artinya apa? Stok kita itu aman. Jadi kita tidak usah khawatir, insyaallah harga bisa kita kendalikan,” ucap Amran.
Amran lalu menerangkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kementeriannya harus memprioritaskan beras agar harga tidak melonjak di pasaran karena beras merupakan penyumbang inflasi.
“Kami dengan Menteri Perdagangan, Menteri BUMN, Menteri Perindustrian, di bawah koordinasi oleh Pak Menko kita gandengan tangan menstabilkan harga untuk rakyat,” papar Amran.
Sumber : Kumparan.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here